Fase 1 Masa Kenabian

Seperti yg udah di-share sebelumnya, abad ke-6 jazirah Arab diapit dua superpower berusia +/- 1.000 taun, romawi timur (Byzantium) di barat dan Sassanid Persia di timur. Di selatan terletak jazirah Arab, dihuni oleh berbagai suku-suku yang terpisah, terpecah, nomaden dan tanpa pemerintahan. Pada abad ke-6 yg disebut dunia adalah wilayah Romawi + Sassanid + jazirah Arab bukan keseluruhan bumi yang bulet ini karena daya jelajah yang terbatas. Wong jaman itu manusia masih menganggap bumi datar hehe.

Image

 

Itu konfigurasi dunia bbrp saat sebelum Islam lahir. Sekarang gue bahas lebih spesifik lagi, konfigurasi jazirah Arab sebelum Islam lahir. Orang Arab terkenal sebagai pedagang, sepanjang pantai Arab yg berbatasan dengan laut Merah tumbuh berbagai pusat dagang. Kafilah unta melintasi padang pasir menuju barat ke Suriah dan Palestina, mengangkut rempah-rempah, kain dan lain-lain. Juga ke timur menuju Sassanid Persia. Saat itu Suriah dan Palestina termasuk wilayah Byzantium.

Pada abad ke-6 dunia arab udah terbiasa berinteraksi dgn kedua superpower itu. Dan pedagang-pedagang Arab tau tentang budaya, agama, pemikiran-pemikiran di masing-masing kekaisaran, kristen di Byzantium, Zoroastrian di Sassanid Persia. Di dalam tatanan masyarakat Arab,banyak suku Yahudi tinggal ditengah-tengah mereka setelah bangsa Romawi mengusir mereka dari Palestina. Saat itu masyarakat jazirah Arab adalah penyembah dewa-dewa, berhala-berhala dan kota mereka yg paling besar dan kosmopolit saat itu adalah Mekah.

Mekah saat itu adalah kota perdagangan dan niaga di tepi laut Merah yg luas, tapi sebenarnya bisnis terbesar mereka adalah agama. Ada ratusan kuil pemujaan di Mekah. Peziarah masuk untuk melakukan ritual dan bisnis-bisnis lain sehingga kota Mekah sibuk dengan penginapan, bar, toko dan restoran. Di kota yang selalu penuh pemujaan ini jugalah tempat lahir pemimpin dunia Islam, Muhammad, beliau lahir di tahun 570 M. Nabi Muhammad termasuk anggota suku Quraisy, suku yg paling kuat di Mekah dan berasal dari salah satu klan suku yg terhormat, Bani Hasyim. Di usia 25 tahun, nabi Muhammad menikahi Khadija, pengusaha kaya yg sebelumnya udah mempercayakan kafilah dagangny kepada nabi untuk dikelola. Nabi Muhammad membangun reputasi sebagai pedagang yg sukses, jujur, terpercaya dan ahli diplomatik sehingga banyak diminta sebagai penengah masalah.

Di usia 40 tahun, nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama dari malaikat Jibril di gua Hira. Saat itu tahun 610 M, Islam lahir. Nah ini jg asal muasal Lailatul Qadr. Muhammad mengajarkan bahwasannya tuhan yang patut disembah hanya satu. Beuh, masyarakat Quraisy terancam karena bertentangan dengan agama nenek moyang mereka yang nyembah banyak dewa. Menurut suku Quraisy, bisa bangkrut bisnis pemujaan mereka, Muhammad harus dihentikan. Selain dari bisnis agama, Mekah juga mendapatkan untung dari bisnis mabuk-mabukan, judi, prostitusi sedangkan ajaran nabi Muhammad melarang semua itu. Klo pengikutnya makin banyak, bisa bangkrut usaha mereka. Apalagi ketika pengikutnya mulai nambah dari kalangan orang kaya dan pedagang terhormat seperti Abu Bakar, Usman, Umar. Kecenderungan ini mulai mengganggu petinggi-petinggi dan orang-orang kaya Quraisy. Momentum penyingkiran nabi Muhammad muncul ketika pamannya, Abu Thalib meninggal karena beliau lah yg melindungi nabi Muhammad selama 12 taun di Mekah.

Disusunlah rencana pembunuhan nabi Muhammad oleh petinggi Quarisy tetapi gagal karena nabi Muhammad udah keburu hijrah ke Yatsrib bersama pengikutnya. Yatsrib adalah nama awal untuk kota Madinah, kota 250 km di utara Mekah. Orang-orang dari Yatsrib selanjutny disebut orang Anshar (penolong). Nama kota jg berubah jadi Madinah (kota sang Nabi). Hijrahnya nabi menandakan berdirinya negara Islam yg pertama dengan nabi Muhammad sebagai pemimpinnya. Inilah nilai pentingny hijrah karena menandai lahirny komunitas muslim pertama (ummah), negara Islam pertama. Mulia lah orang-orang Anshar.  

Suku Quraisy Mekah tetap memburu nabi Muhammad, maka terjadilah perang pertama dalam sejarah Islam, perang Badar, disusul perang Uhud dan perang Qandaq (perang parit) dan beberapa perang kecil lain. Perang Badar, Uhud, Qandaq dimenangi oleh nabi Muhammad dengan pasukan yang lebih kecil. Dari perang Uhud juga lah bergabung seorang jenderal dari suku Quraisy yang nantinya sejarah akan mencatat sebagai jenderal yang tak terkalahkan dalam sekitar 100 perang, Khalid bin Walid.

Setelah itu dalam dua taun, suku-suku di jazirah Arab bergabung ke barisan muslim kecuali Mekah, kota yg paling penting. Nabi Muhammad beserta pengikutny berhaji pada tahun 6 H. Lalu dua tahun kemudian petinggi-petinggi Quraisy menyerah dengan damai, Mekah pun menjadi bagian Islam. Hal pertama yg dilakukan nabi Muhammad di Mekah setelah bergabung kepada Islam adalah menghancurkan semua berhala di sekitar Kabah.

Utk pertama kalinya dalam sejarah, jazirah Arab yang awalnya terpecah bersatu dibawah satu kepemimpinan. Mereka tetap diapit oleh kedua superpower yang saling berperang akan tetapi mereka telah bersatu. Ini nikmat Allah yg di-state di Quran, Ali-Imran ayat 103:

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara.”

Pada tahun 10 H (632 M), nabi Muhammad saw meninggal sehabis umroh. Dan ini menandakan berakhirnya fase pertama kepemimpinan dunia muslim, kenabian dan awal dari fase kedua, khulafaur Rasyidin.

Advertisements

Fase kepemimpinan dunia Islam

Gue akan ngejelasin sejarah dunia muslim berdasarkan fase-fase sejarah yang pernah disabdakan oleh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam seperti berikut:

“Masa kenabian itu ada di tengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwah) , adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya masa kerajaan yang menggigit (Mulkan ’Adhan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Setelah itu, masa kerajaan yang memaksakan kehendak (Mulkan Jabariyyan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwah) . Kemudian beliau (Nabi) diam.” (HR Ahmad)”

Klo berdasarkan hadist diatas, fase sejarah dunia muslim terbagi menjadi:

1. Fase kenabian

Ud lewat. Dipimpin langsung oleh rasulullah saw dari 622 M – 632 M.

2. Fase khulafaur Rasyidin

Ud lewat. Dipimpin oleh empat khalifah yang diberi petunjuk; 1. Abu Bakar, 2. Umar, 3. Usman, 4. Ali. Memimpin dari 632 M – 661 M.

3. Fase kerajaan yang menggigit

Ud lewat. Dipimpin oleh kerajaan-kerajaan seperti Umayyah, Abbasiyah, Fathimiyah, Cordoba, Seljuk, Mughal, Ottoman. Memimpin dari 661 M – 1924 M.

4. Fase kerajaan yang memaksakan kehendak

Sedang dijalani saat ini, 1924 M – …

5. Fase kekhilafan yang mengikuti metode kenabian

Sedang dalam proses persiapan.

Dari kelima fase tersebut, selama umur umat Islam sampai kiamat nanti, umat Islam memimpin dunia di empat fase; fase ke-1, 2, 3 dan 5 atau 80% dari keseluruhan umur umat Islam. Ibaratnya dalam 24 jam, umat Islam memimpin 19 jam dan hanya 5 jam dipimpin umat lain.

Umat Islam hanya akan satu kali, yaitu di fase ke-4 akan dipimpin oleh umat lain. Ini salah satu bukti cinta Allah kepada umat Islam. Lalu mengapa kepemimpinan dipergilirkan? Jawabannya ada di QS Ali Imran ayat 140:

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar
mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman  (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.”

Kepemimpinan dipergilirkan agar:

  1. Muslim mendapatkan pelajaran atas segala tindakan mereka di masa lalu dan belajar dari hal tersebut untuk masa depan. Belajar dari bangsa lain, melihat apa yang dilakukan bangsa lain saat memimpin.
  2. Menguji mana orang yang benar-benar beriman dan tidak.
  3. Diberikannya kesempatan bagi para muslim untuk menjadi syuhada.

Jadi sudah sunatullah dan hanya akan satu kali muslim dipimpin oleh bangsa lain. Dan fase ini bukan fase terakhir, akan ada fase kelima, kebangkitan dan kemakmuran insha Allah.

Konfigurasi dunia sebelum Islam lahir

Lama sebelum Islam lahir, dua peradaban diantara samudera Atlantik dan teluk Benggala terbentuk. Masing-masing punya jaringan dan rute perdagangan yang berbeda; satu laut dan satu darat. Yang rute laut kuno di daerah Mediterania. Disini muncul bangsa Mycenaea, Kreta, Fenisia, Yunani dan Roma. Dari daerah inilah berasal peradaban barat.

Image

Yg satu lagi rute darat kuno, daerah antara India smp Mesir. Disini muncul bangsa Mesopotamia, Persia, Arab. Dr sini awal peradaban timur tengah. Rute darat kuno ini yg terkenal dengan sebutan jalur sutra klo di buku2 sejarah SMP.

Image

Ada beberapa peradaban lain tp ga banyak berinteraksi dengan peradaban barat dan timur tengah ini karena terpisah geografi yg ekstrem. Peradaban Cina ga banyak berhubungan dgn peradaban awal barat dan timur tengah krn jaraknya jauh jg terputus oleh pegunungan Himalaya, gurung Gobi dan hutan rimba Asia. Gitu jg peradaban Afrika, terpisah oleh gurun terbesar dunia, Sahara. Apalagi Amerika, terpisah lautan Atlantik luas.

Peradaban awal di timur

Peradaban-peradaban awal muncul di tepi-tepi sungai besar kayak sungai Huang Ho di Cina, sungai Indus di India, sungai Nil di Afrika, sungai Tigris dan Eufrat di Irak. Peradaban yg berasal dari sungai Tigris n Eufrat bernama Mesopotamia yang artinya diantara sungai-sungai, merupakan peradaban tertua di dunia, awal mula peradaban manusia di bumi. Seiring berjalannya waktu, kota-kota disepanjang sungai bersatu dan menamakan diri mereka bangsa Sumeria. Disini ditemukan aksara, tembikar, roda, gerobak, sistem bilangan awal. Lalu suku Akkadia dari wilayah hulu sungai menaklukkan Sumeria. Pemimpin mereka, Sargon, disebut sejarah sebagai penakluk pertama dunia.

Pola dari sbuah peradaban atau kerajaan adalah penaklukan, konsolidasi, ekspansi, degenerasi, ditaklukan kembali.Coba perhatiin semua peradaban, pasti mengikuti pola ini dan akan terus mengikuti pola ini sampai kiamat. Bangsa Akkadia lalu ditaklukkan oleh bangsa-bangsa lain; berturut-turut Guttian, Kassit, Hurrian, Amori. Suku Amori ini yang ngebangun kota Babel/Babilon ibukota peradaban Babilonia yg terkenal itu. Babilonia tak lama ditaklukkan bangsa Assiria. Bangsa Assiria yang terkenal kejam ditaklukkan lagi bangsa Kasdim yg terkenal intelek. Bangsa Kasdim ngebangun Babilon lagi dan mereka nemuin sistem pengukuran waktu, tahun 12 bulan, jam 60 menit, menit 60 detik. Selain itu mereka ngebangun the hanging garden, taman gantung, salah satu dari tujuh keajaiban kuno. Raja mereka yg terkenal Nebukadnezar.

Persia

Bangsa Babilonia ini akhirnya ditaklukkan oleh bangsa dari dataran tinggi Iran, aliansi
bangsa Persia dan bangsa Medes. Dari sini lahir kekaisaran Persia pada sekitar 550 SM. Nah di titik ini pola peradaban di timur tengah berakhir untuk beberapa lama, Persia
makmur. Kekuasaan Persia membentang dari daerah Iran sekarang sampai sungai Nil.

Image

Nah di titik ini mulai seru, persinggungan pertama dunia timur dengan dunia barat (Mediterania) karena kedua peradaban mulai meluas. Darius, kaisar Persia
mau ngehukum Yunani karena nolak mengakui dia sebagai rajanya. Darius mengirim tentara, jalan darat! Padahal jauh tuh Iran – Yunani. Darius mengabaikan prinsip pertama strategi militer jaman kuno: jangan pernah perang darat ke Eropa! Pasukannya
gede, jarak jauh banget, makan, minum, logistik pasukan Persia gmana? Akhirny Darius kalah oleh Yunani. Kurangg dari satu generasi, anak Darius, Xerxes mengulangi kesalahan bokapnya. Kalah lagi donk. Invasi Xerxes ini yang jadi ilham film 300.This is Sparta! Hehe.

Barat memasuki Timur

Ok kekalahan Xerxes dari Leonidas itu akhir petualangan Persia di barat tapi awal petualangan barat di timur. 150 taun sejak Xerxes kalah, Alexander the great
(Macedonia/Hellenis) menyerang Persia. Dia mimpi menyatukan barat dan timur, ibukotany di Babilon. Banyak kota dinamain nama dia, Alexandria di Mesir. Ibukota
Taliban, Kandahar ternyata dinamain dari nama dia. Awalnya disebut Iskandar. Lalu
Alexander meninggal di Babilon (sebabnya msh misterius sampe sekarang). Wilayah
kekuasaanny terpecah-pecah.  Yang mimpin di tiap wilayah bekas Alexander the great adalah jenderal-jenderalnya.

Byzantium, Sassanid Persia dan jazirah Arab

Di wilayah taklukkan Alexander, kekuatan Persia muncul lagi dan akhirnya berkuasa
lagi, mereka menyebut diri mereka bangsa Parthia. Bangsa Parthia (keturunan dari
Persia) ini yang ngenalin pasukan cataphract, pasukan kuda berbaju zirah. Kekaisaran Parthia bertahan hampir 3 abad. Sementara itu di barat, Romawi telah lahir. Mereka mulai ekspansi besar-besaran bersamaan dengan saat lahirnya Parthia. Ekspansi mereka sampai ke Afrika utara dan Asia kecil. Abad ke-3 M kekaisaran Parthia digulingkan oleh pemberontakan internal lalu berdirilah kekaisaran Sassanid dan menduduki semua wilayah ex-Parthia.

Sementara itu Romawi mulai hancur, kaisar Diokletianus membelah Romawi menjadi empat bagian. Kekaisaran Romawi terlalu besar dan rumit untuk dijalanin dari satu pusat. Rencana awalnya membagi kekaisaran Romawi menjadi empat tetapi pada kenyataannya terbagi menjadi dua, Romawi barat dan romawi timur (Byzantium).

Image

Kekayaan semuanya berada di Romawi timur (Byzantium) sehingga romawi barat ambruk. Ditambah invasi bangsa nomaden Jerman ke Romawi barat. Kualitas hidup di barat merosot, hukum dan ketertiban ambruk, sekolah bubar. Barat berhenti membaca dan menulis, dari sini barat tenggelam ke suatu masa yang disebut zaman kegelapan/the dark ages. Byzantium dgn ibukota Konstantinopel terus bertahan. Kota itu terkenal dalam sejarah dunia sebagai kota paling tidak tertembus dengan dinding-dinding besarnya.

Pada abad ke-6, Byzantium menguasai daerah dari Yunani, Eropa Timur, Afrika utara dan berbatasan langsung dengan kekaisaran Sassanid Persia. Kekaisaran Sassanid Persia terbentang dari daerah sekitar Himalaya sampai Irak sekarang dimana mereka berbatasan langsung dengan Byzantium. Di selatan pertemuan kedua super power berusia +/- 1.000 tahun ini terletak jazirah Arab. Saat itu dihuni oleh berbagai suku-suku yang terpisah dan hidup nomaden.

Image

Inilah konfigurasi kekuatan dunia abad ke-6 beberapa saat sebelum Islam lahir.