Fase 1 Masa Kenabian

Seperti yg udah di-share sebelumnya, abad ke-6 jazirah Arab diapit dua superpower berusia +/- 1.000 taun, romawi timur (Byzantium) di barat dan Sassanid Persia di timur. Di selatan terletak jazirah Arab, dihuni oleh berbagai suku-suku yang terpisah, terpecah, nomaden dan tanpa pemerintahan. Pada abad ke-6 yg disebut dunia adalah wilayah Romawi + Sassanid + jazirah Arab bukan keseluruhan bumi yang bulet ini karena daya jelajah yang terbatas. Wong jaman itu manusia masih menganggap bumi datar hehe.

Image

 

Itu konfigurasi dunia bbrp saat sebelum Islam lahir. Sekarang gue bahas lebih spesifik lagi, konfigurasi jazirah Arab sebelum Islam lahir. Orang Arab terkenal sebagai pedagang, sepanjang pantai Arab yg berbatasan dengan laut Merah tumbuh berbagai pusat dagang. Kafilah unta melintasi padang pasir menuju barat ke Suriah dan Palestina, mengangkut rempah-rempah, kain dan lain-lain. Juga ke timur menuju Sassanid Persia. Saat itu Suriah dan Palestina termasuk wilayah Byzantium.

Pada abad ke-6 dunia arab udah terbiasa berinteraksi dgn kedua superpower itu. Dan pedagang-pedagang Arab tau tentang budaya, agama, pemikiran-pemikiran di masing-masing kekaisaran, kristen di Byzantium, Zoroastrian di Sassanid Persia. Di dalam tatanan masyarakat Arab,banyak suku Yahudi tinggal ditengah-tengah mereka setelah bangsa Romawi mengusir mereka dari Palestina. Saat itu masyarakat jazirah Arab adalah penyembah dewa-dewa, berhala-berhala dan kota mereka yg paling besar dan kosmopolit saat itu adalah Mekah.

Mekah saat itu adalah kota perdagangan dan niaga di tepi laut Merah yg luas, tapi sebenarnya bisnis terbesar mereka adalah agama. Ada ratusan kuil pemujaan di Mekah. Peziarah masuk untuk melakukan ritual dan bisnis-bisnis lain sehingga kota Mekah sibuk dengan penginapan, bar, toko dan restoran. Di kota yang selalu penuh pemujaan ini jugalah tempat lahir pemimpin dunia Islam, Muhammad, beliau lahir di tahun 570 M. Nabi Muhammad termasuk anggota suku Quraisy, suku yg paling kuat di Mekah dan berasal dari salah satu klan suku yg terhormat, Bani Hasyim. Di usia 25 tahun, nabi Muhammad menikahi Khadija, pengusaha kaya yg sebelumnya udah mempercayakan kafilah dagangny kepada nabi untuk dikelola. Nabi Muhammad membangun reputasi sebagai pedagang yg sukses, jujur, terpercaya dan ahli diplomatik sehingga banyak diminta sebagai penengah masalah.

Di usia 40 tahun, nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertama dari malaikat Jibril di gua Hira. Saat itu tahun 610 M, Islam lahir. Nah ini jg asal muasal Lailatul Qadr. Muhammad mengajarkan bahwasannya tuhan yang patut disembah hanya satu. Beuh, masyarakat Quraisy terancam karena bertentangan dengan agama nenek moyang mereka yang nyembah banyak dewa. Menurut suku Quraisy, bisa bangkrut bisnis pemujaan mereka, Muhammad harus dihentikan. Selain dari bisnis agama, Mekah juga mendapatkan untung dari bisnis mabuk-mabukan, judi, prostitusi sedangkan ajaran nabi Muhammad melarang semua itu. Klo pengikutnya makin banyak, bisa bangkrut usaha mereka. Apalagi ketika pengikutnya mulai nambah dari kalangan orang kaya dan pedagang terhormat seperti Abu Bakar, Usman, Umar. Kecenderungan ini mulai mengganggu petinggi-petinggi dan orang-orang kaya Quraisy. Momentum penyingkiran nabi Muhammad muncul ketika pamannya, Abu Thalib meninggal karena beliau lah yg melindungi nabi Muhammad selama 12 taun di Mekah.

Disusunlah rencana pembunuhan nabi Muhammad oleh petinggi Quarisy tetapi gagal karena nabi Muhammad udah keburu hijrah ke Yatsrib bersama pengikutnya. Yatsrib adalah nama awal untuk kota Madinah, kota 250 km di utara Mekah. Orang-orang dari Yatsrib selanjutny disebut orang Anshar (penolong). Nama kota jg berubah jadi Madinah (kota sang Nabi). Hijrahnya nabi menandakan berdirinya negara Islam yg pertama dengan nabi Muhammad sebagai pemimpinnya. Inilah nilai pentingny hijrah karena menandai lahirny komunitas muslim pertama (ummah), negara Islam pertama. Mulia lah orang-orang Anshar.  

Suku Quraisy Mekah tetap memburu nabi Muhammad, maka terjadilah perang pertama dalam sejarah Islam, perang Badar, disusul perang Uhud dan perang Qandaq (perang parit) dan beberapa perang kecil lain. Perang Badar, Uhud, Qandaq dimenangi oleh nabi Muhammad dengan pasukan yang lebih kecil. Dari perang Uhud juga lah bergabung seorang jenderal dari suku Quraisy yang nantinya sejarah akan mencatat sebagai jenderal yang tak terkalahkan dalam sekitar 100 perang, Khalid bin Walid.

Setelah itu dalam dua taun, suku-suku di jazirah Arab bergabung ke barisan muslim kecuali Mekah, kota yg paling penting. Nabi Muhammad beserta pengikutny berhaji pada tahun 6 H. Lalu dua tahun kemudian petinggi-petinggi Quraisy menyerah dengan damai, Mekah pun menjadi bagian Islam. Hal pertama yg dilakukan nabi Muhammad di Mekah setelah bergabung kepada Islam adalah menghancurkan semua berhala di sekitar Kabah.

Utk pertama kalinya dalam sejarah, jazirah Arab yang awalnya terpecah bersatu dibawah satu kepemimpinan. Mereka tetap diapit oleh kedua superpower yang saling berperang akan tetapi mereka telah bersatu. Ini nikmat Allah yg di-state di Quran, Ali-Imran ayat 103:

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah kamu bercerai berai dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara.”

Pada tahun 10 H (632 M), nabi Muhammad saw meninggal sehabis umroh. Dan ini menandakan berakhirnya fase pertama kepemimpinan dunia muslim, kenabian dan awal dari fase kedua, khulafaur Rasyidin.

Advertisements

One thought on “Fase 1 Masa Kenabian

  1. Assalaamualakum warahmatullahi wabarakatuh…

    Perkenalkan saya nazar, saya izin untuk meng-copy-paste blog antum dari “sejarah sebelum islam dan sesudahnya” jika antum mengizinkan, saya akan memberikan keterangan juga bahwa isi nya bukan tulisan saya dan saya mengambil dari wordpress / blog ini “abiprahasto.wordpress.com”…
    Karena saya ingin melakukan bookmark atas tulisan antum yang bagus ini, karna saya senang dengan sejarah..
    Mohon izin nya… blog saya muhammadnazaragliyono.blogspot.com email: m.nazaragliyono@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s