Fase kepemimpinan dunia Islam

Gue akan ngejelasin sejarah dunia muslim berdasarkan fase-fase sejarah yang pernah disabdakan oleh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam seperti berikut:

“Masa kenabian itu ada di tengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwah) , adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya masa kerajaan yang menggigit (Mulkan ’Adhan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Setelah itu, masa kerajaan yang memaksakan kehendak (Mulkan Jabariyyan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ’ala minhaj an-nubuwwah) . Kemudian beliau (Nabi) diam.” (HR Ahmad)”

Klo berdasarkan hadist diatas, fase sejarah dunia muslim terbagi menjadi:

1. Fase kenabian

Ud lewat. Dipimpin langsung oleh rasulullah saw dari 622 M – 632 M.

2. Fase khulafaur Rasyidin

Ud lewat. Dipimpin oleh empat khalifah yang diberi petunjuk; 1. Abu Bakar, 2. Umar, 3. Usman, 4. Ali. Memimpin dari 632 M – 661 M.

3. Fase kerajaan yang menggigit

Ud lewat. Dipimpin oleh kerajaan-kerajaan seperti Umayyah, Abbasiyah, Fathimiyah, Cordoba, Seljuk, Mughal, Ottoman. Memimpin dari 661 M – 1924 M.

4. Fase kerajaan yang memaksakan kehendak

Sedang dijalani saat ini, 1924 M – …

5. Fase kekhilafan yang mengikuti metode kenabian

Sedang dalam proses persiapan.

Dari kelima fase tersebut, selama umur umat Islam sampai kiamat nanti, umat Islam memimpin dunia di empat fase; fase ke-1, 2, 3 dan 5 atau 80% dari keseluruhan umur umat Islam. Ibaratnya dalam 24 jam, umat Islam memimpin 19 jam dan hanya 5 jam dipimpin umat lain.

Umat Islam hanya akan satu kali, yaitu di fase ke-4 akan dipimpin oleh umat lain. Ini salah satu bukti cinta Allah kepada umat Islam. Lalu mengapa kepemimpinan dipergilirkan? Jawabannya ada di QS Ali Imran ayat 140:

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar
mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman  (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.”

Kepemimpinan dipergilirkan agar:

  1. Muslim mendapatkan pelajaran atas segala tindakan mereka di masa lalu dan belajar dari hal tersebut untuk masa depan. Belajar dari bangsa lain, melihat apa yang dilakukan bangsa lain saat memimpin.
  2. Menguji mana orang yang benar-benar beriman dan tidak.
  3. Diberikannya kesempatan bagi para muslim untuk menjadi syuhada.

Jadi sudah sunatullah dan hanya akan satu kali muslim dipimpin oleh bangsa lain. Dan fase ini bukan fase terakhir, akan ada fase kelima, kebangkitan dan kemakmuran insha Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s