Konfigurasi dunia sebelum Islam lahir

Lama sebelum Islam lahir, dua peradaban diantara samudera Atlantik dan teluk Benggala terbentuk. Masing-masing punya jaringan dan rute perdagangan yang berbeda; satu laut dan satu darat. Yang rute laut kuno di daerah Mediterania. Disini muncul bangsa Mycenaea, Kreta, Fenisia, Yunani dan Roma. Dari daerah inilah berasal peradaban barat.

Image

Yg satu lagi rute darat kuno, daerah antara India smp Mesir. Disini muncul bangsa Mesopotamia, Persia, Arab. Dr sini awal peradaban timur tengah. Rute darat kuno ini yg terkenal dengan sebutan jalur sutra klo di buku2 sejarah SMP.

Image

Ada beberapa peradaban lain tp ga banyak berinteraksi dengan peradaban barat dan timur tengah ini karena terpisah geografi yg ekstrem. Peradaban Cina ga banyak berhubungan dgn peradaban awal barat dan timur tengah krn jaraknya jauh jg terputus oleh pegunungan Himalaya, gurung Gobi dan hutan rimba Asia. Gitu jg peradaban Afrika, terpisah oleh gurun terbesar dunia, Sahara. Apalagi Amerika, terpisah lautan Atlantik luas.

Peradaban awal di timur

Peradaban-peradaban awal muncul di tepi-tepi sungai besar kayak sungai Huang Ho di Cina, sungai Indus di India, sungai Nil di Afrika, sungai Tigris dan Eufrat di Irak. Peradaban yg berasal dari sungai Tigris n Eufrat bernama Mesopotamia yang artinya diantara sungai-sungai, merupakan peradaban tertua di dunia, awal mula peradaban manusia di bumi. Seiring berjalannya waktu, kota-kota disepanjang sungai bersatu dan menamakan diri mereka bangsa Sumeria. Disini ditemukan aksara, tembikar, roda, gerobak, sistem bilangan awal. Lalu suku Akkadia dari wilayah hulu sungai menaklukkan Sumeria. Pemimpin mereka, Sargon, disebut sejarah sebagai penakluk pertama dunia.

Pola dari sbuah peradaban atau kerajaan adalah penaklukan, konsolidasi, ekspansi, degenerasi, ditaklukan kembali.Coba perhatiin semua peradaban, pasti mengikuti pola ini dan akan terus mengikuti pola ini sampai kiamat. Bangsa Akkadia lalu ditaklukkan oleh bangsa-bangsa lain; berturut-turut Guttian, Kassit, Hurrian, Amori. Suku Amori ini yang ngebangun kota Babel/Babilon ibukota peradaban Babilonia yg terkenal itu. Babilonia tak lama ditaklukkan bangsa Assiria. Bangsa Assiria yang terkenal kejam ditaklukkan lagi bangsa Kasdim yg terkenal intelek. Bangsa Kasdim ngebangun Babilon lagi dan mereka nemuin sistem pengukuran waktu, tahun 12 bulan, jam 60 menit, menit 60 detik. Selain itu mereka ngebangun the hanging garden, taman gantung, salah satu dari tujuh keajaiban kuno. Raja mereka yg terkenal Nebukadnezar.

Persia

Bangsa Babilonia ini akhirnya ditaklukkan oleh bangsa dari dataran tinggi Iran, aliansi
bangsa Persia dan bangsa Medes. Dari sini lahir kekaisaran Persia pada sekitar 550 SM. Nah di titik ini pola peradaban di timur tengah berakhir untuk beberapa lama, Persia
makmur. Kekuasaan Persia membentang dari daerah Iran sekarang sampai sungai Nil.

Image

Nah di titik ini mulai seru, persinggungan pertama dunia timur dengan dunia barat (Mediterania) karena kedua peradaban mulai meluas. Darius, kaisar Persia
mau ngehukum Yunani karena nolak mengakui dia sebagai rajanya. Darius mengirim tentara, jalan darat! Padahal jauh tuh Iran – Yunani. Darius mengabaikan prinsip pertama strategi militer jaman kuno: jangan pernah perang darat ke Eropa! Pasukannya
gede, jarak jauh banget, makan, minum, logistik pasukan Persia gmana? Akhirny Darius kalah oleh Yunani. Kurangg dari satu generasi, anak Darius, Xerxes mengulangi kesalahan bokapnya. Kalah lagi donk. Invasi Xerxes ini yang jadi ilham film 300.This is Sparta! Hehe.

Barat memasuki Timur

Ok kekalahan Xerxes dari Leonidas itu akhir petualangan Persia di barat tapi awal petualangan barat di timur. 150 taun sejak Xerxes kalah, Alexander the great
(Macedonia/Hellenis) menyerang Persia. Dia mimpi menyatukan barat dan timur, ibukotany di Babilon. Banyak kota dinamain nama dia, Alexandria di Mesir. Ibukota
Taliban, Kandahar ternyata dinamain dari nama dia. Awalnya disebut Iskandar. Lalu
Alexander meninggal di Babilon (sebabnya msh misterius sampe sekarang). Wilayah
kekuasaanny terpecah-pecah.  Yang mimpin di tiap wilayah bekas Alexander the great adalah jenderal-jenderalnya.

Byzantium, Sassanid Persia dan jazirah Arab

Di wilayah taklukkan Alexander, kekuatan Persia muncul lagi dan akhirnya berkuasa
lagi, mereka menyebut diri mereka bangsa Parthia. Bangsa Parthia (keturunan dari
Persia) ini yang ngenalin pasukan cataphract, pasukan kuda berbaju zirah. Kekaisaran Parthia bertahan hampir 3 abad. Sementara itu di barat, Romawi telah lahir. Mereka mulai ekspansi besar-besaran bersamaan dengan saat lahirnya Parthia. Ekspansi mereka sampai ke Afrika utara dan Asia kecil. Abad ke-3 M kekaisaran Parthia digulingkan oleh pemberontakan internal lalu berdirilah kekaisaran Sassanid dan menduduki semua wilayah ex-Parthia.

Sementara itu Romawi mulai hancur, kaisar Diokletianus membelah Romawi menjadi empat bagian. Kekaisaran Romawi terlalu besar dan rumit untuk dijalanin dari satu pusat. Rencana awalnya membagi kekaisaran Romawi menjadi empat tetapi pada kenyataannya terbagi menjadi dua, Romawi barat dan romawi timur (Byzantium).

Image

Kekayaan semuanya berada di Romawi timur (Byzantium) sehingga romawi barat ambruk. Ditambah invasi bangsa nomaden Jerman ke Romawi barat. Kualitas hidup di barat merosot, hukum dan ketertiban ambruk, sekolah bubar. Barat berhenti membaca dan menulis, dari sini barat tenggelam ke suatu masa yang disebut zaman kegelapan/the dark ages. Byzantium dgn ibukota Konstantinopel terus bertahan. Kota itu terkenal dalam sejarah dunia sebagai kota paling tidak tertembus dengan dinding-dinding besarnya.

Pada abad ke-6, Byzantium menguasai daerah dari Yunani, Eropa Timur, Afrika utara dan berbatasan langsung dengan kekaisaran Sassanid Persia. Kekaisaran Sassanid Persia terbentang dari daerah sekitar Himalaya sampai Irak sekarang dimana mereka berbatasan langsung dengan Byzantium. Di selatan pertemuan kedua super power berusia +/- 1.000 tahun ini terletak jazirah Arab. Saat itu dihuni oleh berbagai suku-suku yang terpisah dan hidup nomaden.

Image

Inilah konfigurasi kekuatan dunia abad ke-6 beberapa saat sebelum Islam lahir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s