Fase 3, kerajaan yang menggigit: Tiga kerajaan

Abbasiyah

Kalau merasa di bawah dinasti Umayyah dunia Islam makmur, nah dibawah Abbassiyah lebih makmur lagi. Umayyah meletakkan dasar-dasar untuk ilmu pengetahuan dan di dinasti Abbasiyah lah, islamic golden age terjadi. Golden age ini berlangsung selama 500 tahun. Disebut golden age karena di era ini banyak kontribusi Islam dalam ilmu pengetahuan, arsitektur, seni, hukum, budaya dll untuk dunia. Bahkan kontribusinya masih terasa sampai detik ini.

Abbasiyah membangun kota baru sebagai ibukota. Di tahun 765 M dibangun lah kota diantara dua sungai legendaris, Tigris dan Eufrat oleh Al Mansur, Baghdad. Dalam waktu 20 tahun sejak pembangunannya, Baghdad menjadi kota pertama di dunia yang pendudukny melampaui 1 juta dan menjadi kota terbesar dan tersibuk di dunia saat itu. Perdagangan sangat ramai di Baghdad karena kota itu dialiri dua sungai yang nyambung langsung ke samudera Hindia. Akses masuk barang gampang. Pedagang dari Cina, India, Afrika, dan Spanyol ngumpul di kota ini. Jalan-jalan penuh dengan pedagang dan tertata baik. Saat itu di abad 8 M, dibawah dinasti Abbasiyah, Baghdad mempunyai 6.000 jalan, 30.000 masjid dan 10.000 pemandian umum. Eropa? Makan saja sulit. Majunya Baghdad sebagai titik puncak kesejahteraan dan keadilan menjadi ilham cerita 1001 malam. Itu tuh yang ada Aladin dan puteri Yasminnya.

Saat penggulingan Umayyah, tidak semua anggota keluarga mereka ditawan Abbasiyah. Ada satu yang lari ke Andalusia, Abdurrahman. Andalusia yang didirikan oleh Umayyah dengan tangan terbuka menerima Abdurrahman dan mengangkat beliau menjadi raja di Kordoba. Pada titik ini di dunia Islam sebenernya ada dua pemerintahan. Abbasiyah dan Umayyah di Kordoba. Karena hal ini lah fase ketiga ini tidak disebut kekhalifahan dalam hadist nabi tetapi kerajaan karena kekhalifahan cuma satu untuk seluruh muslim. Saat itu di abad 8 M, Kordoba adalah kota terbesar di Eropa dengan 500.000 penduduk, ratusan pemandian umum, Rumah Sakit, sekolah, masjid. Perpustakaan-perpustakaan berisi 500.000 jilid buku. Kota-kota lain di Andalusia juga hidup dan berpopulasi sekitar 50.000 jiwa disaat kota-kota terbesar Eropa cuma 25.000 jiwa. Roma yang dulu perkasa sekarang hanya desa. Perdagangan banyak dilakukan ke timur dan hanya secuil ke Eropa.Bukan karena musuhan tetapi karena emang Eropa ga punya apa-apa untuk dijual dan ga punya uang untuk beli.

The Abbasid Empire, ca 900 C.E.HWC306

Pada tahun 969 M, dinasti Abbasiyah terpecah kembali oleh orang-orang yang mengaku keturunan Fathimah putri nabi. Lahirlah dinasti Fathimiyah. Dinasti Fathimiyah membangun ibukota baru yang mereka sebut Qahirah (kemenangan). Di barat kata itu dieja Cairo,di Indonesia Kairo. Pada tahun 969 M, dunia Islam terdiri dari 3 kerajaan. Umayyah Kordoba di Spanyol dan Maroko, Fathimiyah di Afrika utara sampai Yerusalem, Abbasiyah sisanya di timur. Di Kairo Fathimiyah membangun universitas tertua di dunia pada tahun 969 M, Al-Azhar. Pada tahun 1.000 M jadi superpowerny siapa? Ada tiga, dari yang paling luas; Abbasiyah, Fathimiyah, dan Umayyah Kordoba.

 

Fase 3, kerajaan yang menggigit: Umayyah

Wafatnya Ali bin Abi Talib menandai berakhirnya kekhilafahan Khulafaur Rasyidin dan dimulainya fase ketiga kepemimpinan dunia muslim berdasarkan hadist nabi, kerajaan yang menggigit. Disebut kerajaan karena pola suksesinya warisan turun-temurun dan bukan hasil musyawarah seperti kekhilafahan. Selain itu disebut menggigit karena walaupun mereka berbentuk kerajaan, syariah masih diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya . Oleh karena itu di era ini terkadang kita dapati raja yang arif sekali, terkadang muncul raja yang zalim sekali karena pemilihan rajanya tidak berdasarkan musyawarah yang paling alim tetapi warisan turun temurun. Walaupun begitu banyak pencapaian hebat disini karena raja-rajanya masih menerapkan hukum dari Quran dan sunnah di kehidupan sehari-hari. Di fase ketiga inilah fase yang akan dicatat sejarah sebagai the Islamic golden age. Era ini dimulai dari dinasti Umayyah (661 M -750 M).

Umayyah

Dengan wafatnya Ali, kekhalifahan kosong. Saat itu orang terkuat di dunia Islam adalah Muawiyah ibn Abu Sufyan dari klan bani Umayyah. Muawiyah adalah gubernur Suriah sejak kekhalifahan Umar dan kerabat satu klan dari khalifah Usman. Gue mulai dengan mengenali sedikit tentang klan bani Umayyah dan perannya dalam perkembangan awal Islam.

Saat nabi mulai berdakwah di tahun 610 M, bani Umayyah adalah kalangan klan terkemuka dari kalangan elit kaya Mekah. Saat itu bani Umayyah termasuk klan yang memusuhi nabi dan pengikutnya. Mereka termasuk klan yang merencanakan pembunuhan nabi sebelum hijrah. Dan bani Umayyah terus memerangi kaum muslim yang tersisa di Mekah setelah kaum muslim yang lain hijrah ke Madinah. Ketika Mekah akhirnya berhasil ditaklukkan dan bergabung dengan negara Islam pada 630 M, bani Umayyah ikut memeluk Islam dan menjadi klan yang terkemuka di dalam Negara Islam karena kelihaian mereka dalam berpolitik dan berdagang.

Muawiyah diangkat menjadi raja pada tahun 661 M di Suriah karena tidak ada pihak lain yang mau memangku jabatan itu termasuk putra Ali, Hasan dan Husein. Memangku jabatan khalifah di jaman dahulu dihindari karena tanggung jawab yang berat kepada rakyat dan Allah, takut tidak bisa mensejahterakan rakyat. Sebenarnya Muawiyah ini adalah orang ke-2 dari klan bani Umayyah yang menjadi khalifah, yang pertama adalah Usman bin Affan.

Dinasti Umayyah meneruskan kebijakan nabi dan para khalifah Rasyidin menyebarkan syiar Islam ke negeri-negeri baru.Ke arah timur mereka sampai di Kabul dan Punjab di India. Ke arah barat mereka berekspansi melalui Afrika Utara sehingga menguasai Aljazair, Maroko dan pada taun 711 M mereka menyebrang menuju Spanyol. Penyeberangan mereka dipimpin oleh Tariq bin Ziyad, tempat mendarat Tariq adalah di suatu gunung berbatu yang nantinya dinamai Jabal Tariq sesuai namanya. Di barat Jabal Tariq ini disebut Gibraltar. Pernah denger rock of Gibraltar? Nah ini dia. Selat antara Maroko dan Spanyol juga akhirny dinamai selat Gibraltar. Ibukota Spanyol saat itu, Toledo dikuasai tanpa perlawanan berarti karena rakyat sudah muak dengan pemerintahan Visigoth yang zalim. Begitu juga di beberapa kota besar lain seperti Cordoba dan Sevilla. Islam masuk ke kota-kota Spanyol sama seperti Umar masuk ke kota Yerusalem, damai, didukung rakyat. Dimulailah peradaban Islam di tanah Eropa pada tahun 711 M. Luas maksimal dinasti Umayyah adalah 13 juta km2 terbentang dari India di timur sampai Andalusia di Spanyol melintasi seluruh Afrika utara.

umayyad

Di antara kerajaan-kerajaan sampai tahun 1.000 M, dinasti Umayyah adalah yang terluas di dunia mengalahkan Romawi 6.5 juta km2, Persia 8 juta km2 dan Tang 11 juta km2. Selama 80 tahun kekuasaan dinasti Umayyah sampai tahun 750 M mereka lah satu2nya superpower di dunia, barat lagi zaman kegelapan, makan aja sulit.

Jalur-jalur perdagangan dimulai dari Spanyol, Afrika Utara, laut Mediterania, jazirah Arab, sampai India dengan tipe-tipe barang dagangan yang beraneka ragam menghidupi kota-kota dinasti Umayyah menjadi kota-kota kosmopolitan. Makmur. Klan Umayyah adalah orang-orang yang jago dunia tetapi mereka tetap menjadikan Quran dan sunnah dasar dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.Pemikir, sarjana agama didukung, masjid dibangun, orang miskin dibantu. Orang-orang kaya baru memberi sumbangan berlimpah (wakaf) ke baitul mal dan disumbangkan ke orang-orang miskin, membangun jalan, masjid, Rumah Sakit, panti-panti, dan lain-lain. Bahkan di masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz (717-720 M) dalam 3 taun dia berhasil mengentaskan kemiskinan ke titik 0. Umar bin Abdul Aziz mau membagi zakat tetapi tidak menemukan satu orang pun yang miskin dan berhak menerima seruannya untuk mengambil zakat. Cerminan aja, untuk belajar, Indonesia yang luasny cuma 5,2 juta km2 dan sudah 67 tahun merdeka, kemiskinan masih dimana2.

Dimasa Umayyah juga bahasa Arab dijadikan bahasa resmi negara menggantikan bahasa Persia di timur dan bahasa Yunani di barat. Mengapa? Karena Quran dalam bahasa Arab. Umayyah berusaha menerapkan nilai-nilai Quran dalam kehidupan sehari2, carany dengan menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa resmi sehingga menjadi lebih mudah mengerti Quran. Pada masa Umayyah, mata uang juga diseragamkan menjadi dinar dan dirham dari ujung timur sampai ujung barat. Nah pada masa Umayyah juga lah bisa dikatakan sebagai awal mula perkembangan ilmu pengetahuan di dunia Islam. Raja suka memberikan hadiah-hadiah untuk para ilmuwan, ulama, dan seniman yang menghasilkan karya-karya. Di baitul mal selalu ada anggaran untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Pada masa itu pusat pengembangan ilmu pengetahuan adalah di……. Masjid. Orang belajar berkelompok disini, diskusi, bertukar ide.

Di Spanyol didirikan universitas Kordoba, universitas pertama di tanah Eropa yang mempunyai koleksi ratusan ribu buku sementara bangsa Eropa yang lain udah berhenti membaca dan menulis. Murid-murid banyak juga dari Eropa, kuliah gratis. Umayyah tercatat dalam sejarah berhasil membuat kestabilan dalam negeri untuk waktu yang cukup lama 80 taun. Ini memungkinkan ekonomi untuk maju, ilmu berkembang, orang-orang bebas berkreasi tanpa harus khawatir terhadap penjahat. Penjara sering ditemuin kosong. Akan tetapi selalu ada akhir dari sebuah awal. Pergiliran kepemimpinan selalu dipergilirkan menurut kehendak Allah, ini sunatullah.

Menjelang akhir dinasti, luas wilayah 13 juta km2, terbentang dari India ke Spanyol, distribusi kekayaan mulai tidak seimbang. Hal ini membuat keresahan sosial. Klan keturunan nabi, bani Hasyim ngeliat ini tidak benar dan harus revolusi karena menurut mereka raja-raja dan elit sudah kelewatan dalam menumpuk harta. Mereka melihat raja dan elit tidak seperti nabi dan Khulafaur Rasyidin yang bersahaja. Revolusi mereka dipimpin oleh Abu Al-Abbas dari klan bani Hasyim. Pada tahun 750 M, Umayyah digulingkan dan diganti dengan dinasti ke-2, dinasti yang bernama Abbasiyah (750-1258M).

Cara apply visa Mesir

Berikut adalah dokumen2 yang harus dipenuhi untuk apply visa Mesir untuk tujuan bisnis:

1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan
2. Surat sponsor dalam bahasa Inggris dari perusahaan anda
3. Foto copy rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir (ini biasanya menggunakan rekening koran perusahaan)
4. Foto copy kartu keluarga
5. Foto copy akte nikah (bila sudah menikah)
6. Photo 4 x 6 berwarna 2 lembar dengan latar putih
7. Surat undangan bisnis dari perusahaan di Mesir
8. Mengisi formulir aplikasi visa (ini bisa diisi di download dari situs kedutaan Mesir dan diisi sendiri atau klo takut salah diisi di kedutaannya aja)

Anda yg meng-apply harus datang sendiri ke kedutaan, ga bisa diwakilkan tetapi untuk pengambilannya bisa diwakilkan. Biaya pembuatannya adalah 480.000 rupiah. Kedutaan Mesir hanya buka dari jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

Lama proses pembuatannya adalah 4 hari kerja tetapi itu bisa dipercepat tergantung negotiation skill anda dan kelengkapan dokumen anda. Gue pernah proses pembuatannya cuma 4 jam. Jam 11 siang submit ke kedutaan, jam 3 visanya ud disetujui. Gue waktu itu minta alamat email petugas yang mengurus visa untuk memonitor progress-nya.

Embassy of the Arab Republic of Egypt
Jl. Teuku Umar No. 68
Menteng, Jakarta Pusat 10310
Tel (62-21) 314-3440, 335-350, 230-5346
Fax (62-21) 314-5073, 326-1777

Fase 2 Khulafaur Rasyidin

Ibukota negara Islam pertama adalah Madinah, kota tujuan hijrah nabi Muhammad. Disana nabi memimpin sampai wafatnya. Ketika nabi meninggal, umat menghadapi masalah besar. Siapa penggantiny? Karena nabi ga memberi petunjuk mengenain penggantinya sebelumnya. Pemimpin selanjutnya harus lah orangg yang paling luas ilmunya, paling ngerti Islam ,paling dekat dengan nabi. Tentulah dari kalangan sahabat utama nabi.

Tetua Madinah berdiskusi, calonnya ada 2 Abu Bakar dan Umar. Abu Bakar menunjuk Umar, Umar terkejut, meerasa dia ga lebih utama dibanding Abu Bakar. Umar serta merta memegang tangan Abu Bakar dan memebaiat beliau sambil berurai air mata menyatakan sumpah setianya diikuti seisi ruangan. Abu Bakar resmi menjadi khalifah pertama pada 11 H (633 M). Khalifah berarti wakil, wakil Allah dan rasulnya di bumi.Gelar ini blum ada sebelum Abu Bakar.

Abu Bakar

Di masa kekhalifahan Abu Bakar lebih banyak diisi dengan konsolidasi internal suku-suku Arab karena banyak suku-suku yang melepaskan diri dari negara Islam. Mereka
melepaskan diri karena mereka berjanji setia kepada nabi Muhammad dan bukan Abu Bakar. Dengan meninggalnya nabi Muhammad, menurut mereka janji tersebut otomatis batal. Kalimat pemersatu yang diserukan Abu Bakar:

“Barang siapa menyembah Muhammad, sesungguhnya Muhammad telah mati. Barang siapa menyembah Allah, sesungguhnya Allah tidak mati.”

Tetap saja masih ada suku-suku yang melepaskan diri, modusnya bermacam-macam; ada yang ga mau membayar zakat, mengaku sebagai nabi, murtad. Ini ngebahayain persatuan umat. Abu Bakar memerangi suku-suku tersebut untuk kembali kepada
negara Islam. Dlm waktu kurang lebih satu tahun, beliau berhasil menyatukan kembali
jazirah Arab. Selain konsolidasi internal, Abu Bakar jg melanjutkan syiar Islam ke luar jazirah Arab yang telah dimulai oleh rasulullah. Kemana coba? Iya, ke kedua superpower saat itu, romawi timur (Byzantium)  dan Sassanid Persia. Negara berusia 11 tahun tiba-tiba mendatangi superpower berusia +/- 1.000 taun dan mengajarkan cara baru menjalani hidup. Kira2 apa tanggapan raja-raja Byzantium dan Sassanid Persia? No way! Ibaratnya nih ya Timor Timur tiba-tiba dateng ke Amerika trus ngajarin cara ngejalanin pemerintahan yg bener.

Sebelum nabi wafat memang sudah ada rencana untuk memerangi kedua superpower itu karena keduanya menolak ajakan nabi untuk memeluk Islam dan bersikap memerangi kaum muslim. Setelah nabi wafat rencana itu tetap jalan dibawah kekhalifahan Abu Bakar dan pasukan bergerak di akhir tahun 11 H (633 M) Bayangin, negara kemarin sore brusia 11 tahun berani menyerang superpower berusia 1.000
tahun! Dari mana keberanian ini datang? Tanya Byzantium. Dari Allah.

Abubakr'sreign

Di lain tempat, awal 12 H, Khalid mulai memasuki daerah Irak yg dikuasai Persia. Superpower lain berusia 1.000 taun diperangi, dalam waktu yang berbarengan. Khalid memenangi semua pertempuran dengan Persia, blum hancur Persia, Khalid diperintahkan ke barat untuk memebantu memerangi Byzantium di Syria (13 H). Pasukan muslim brtemu dgn pasukan Byzantium di daerah Yarmuk. Perang ini terkenal dengan nama perang Yarmuk. Raja Byzantium saat itu Heraklius. Pasukan Byzantium 6 kali lebih besar dari pasukan muslim. Komando trtinggi di tangan Khalid bin Walid, jendral yang tidak terkalahkan dalam sejarah. Ketika masih dlm kondisi perang di Yarmuk, datang kabar dari Madinah, Abu Bakar wafat (13 H) dan beliau diganti Umar. Dimulai lah masa kekhalifahan kedua.

Umar

Setelah 6 hari perang, khilafah menang di Yarmuk dan mukul mundur Heraklius. Seluruh Syria menjadi bagian kekhalifahan. Setelah Syria, Umar ngelanjuti perang dgn Persia di timur. Perang utama di Qadisiah dimenangi khilafah lalu merebut ibukota Persia, Ctesiphon. Dalam kurun waktu hanya 4 taun (11 -15 H), khilafah put to an end superpower berusia 1.000 taun, Sassanid Persia. Semut vs gajah, David vs Goliath.

Di saat yang bersamaan di barat, pasukan lain lagi menaklukkan Byzantium di sepanjang pantai laut tengah, turun ke Mesir dan Afrika utara. Di titik ini, khilafah sampai di kota suci tiga agama; Islam, Nasrani, Yahudi: Jerusalem. Di Jerusalem ga ada perlawanan berarti karena penduduknya sendiri udah muak dengan Byzantium yg menarik pajak gede dan ikut campur dalam urusan keagamaan. Umar menarik jizyah tp itu lebih kecil dibanding Byzantium dan memberi kebebasan beragama untuk penduduknya.

Umar disambut dengan suka cita saat memasuki Jerusalem dengan hanya naik unta tanpa pengawalan, bersahaja. Pembebasan Jerusalem untuk pertama kalinya oleh dunia muslim tersebut terjadi di tahun 636 M. Pada saat Umar wafat, luas kekhalifahan +/- 5jt km2 hanya dalam kurun waktu 13 tahun. Wilayahnya mencakup semua wilayah Sassanid Persia dan ½ wilayah Byzantium. Umar wafat pada 24 H dan digantikan Usman.

Mohammad_adil_rais-Caliph_Umar's_empire_at_its_peak_644

Usman

Di masa Usman, kekhalifahan sangat makmur tapi juga disisi lain penuh fitnah.  Usman memang semenjak dulu terkenal sebagai pebisnis handal dan itu diterapin saat beliau menjadi khalifah. Selain itu prestasi utama kekhalifahan Usman adalah penyusunan lembaran-lembaran Quran menjadi satu kesatuan buku. Ini dilakukan karena wilayah kekhalifahan yang semakin luas mendorong munculnya berbagai versi Quran. Ini gawat, untuk menjaganya harus disusun satu mushaf rujukan bersama.

Para sahabat mengumpulkan lembaran-lembaran yang terpisah, mengumpulkan para penghafal Quran yang utama sehingga tersusun satu mushaf Quran yang sampai detik ini masih sama. Alhamdulillah itu salah satu cara Allah menjaga Quran, melalui Usman bin Affan.

Penaklukan masih berlanjut di masa Usman, smp ke Azerbaijan dan Afghanistan. Juga menghadapi pasukan Byzantium yang berniat membalas kekalahan di Yarmuk. Di masa Usman, Byzantium berusaha menyerang kekhalifahan tapi selalu kalah seperti di Syria dan Mesir, sedangkan Sassanid Persia udah tinggal sejarah. Disaat yg bersamaan ekspedisi Islam sampai ke Tunisia dan sekitarnya.

Mohammad_adil-Rashidun-empire-at-its-peak-close

Menjelang akhir dari dua belas tahun kekuasaannya, timbul fitnah yang dihembuskan Abdullah ibn Saba yang mendorong pemberontakan dan akhirnya membunuh Usman. Usman wafat pada 36 H dan digantikan oleh khulafaur Rasyidin terakhir, Ali.

Ali

Kondisi umat saat itu sedang terpecah karena fitnah Saba dan Ali memadamkannya. Ali menyelesaikan fitnah internal di tubuh kekhalifahan dan wafat pada tahun 40 H. Luas wilayah kekhilafahan Khulafaur Rasyidin +/- 9 juta km2. Lebih besar dibandingkan Romawi barat + timur yang hanya 6,5 juta km2 dan Persia kuno yang hanya 8 juta km2. Satu superpower hancur, Sassanid Persia. Satu lagi terisolasi dan terus menyusut, Byzantium. Pada abad ke-7 masehi, siapa superpowernya donk? Khulafaur Rasyidin.

800px-Mohammad_adil_rais-Caliph_Ali's_empire_661

Selama periode kekhilafahan, khilafah ga pernah sekalipun merasakan kekalahan dalam medan perang. Kegemilangan khilafah dilanjutkan oleh dinasti-dinasti Islam setelahnya. Dengan wafatnya Ali, berakhirlah periode Khulafaur Rasyidin dan dimulianya fase ketiga kepemimpinan dunia muslim menurut hadist nabi, kerajaan yang menggigit. Disebut menggigit karena walaupun mereka kerajaan, kekuasaan diturunkan turun temurun, mereka masih “menggigit” Quran dan sunnah dalam kehidupan sehari-hari, shariah Islam masih diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kan klo kerajaan hukumnya semau dewe.

Dan di fase inilah fase yang akan dicatat sejarah sebagai, masa keemasan peradaban Islam, the Islamic golden age.