Fase 2 Khulafaur Rasyidin

Ibukota negara Islam pertama adalah Madinah, kota tujuan hijrah nabi Muhammad. Disana nabi memimpin sampai wafatnya. Ketika nabi meninggal, umat menghadapi masalah besar. Siapa penggantiny? Karena nabi ga memberi petunjuk mengenain penggantinya sebelumnya. Pemimpin selanjutnya harus lah orangg yang paling luas ilmunya, paling ngerti Islam ,paling dekat dengan nabi. Tentulah dari kalangan sahabat utama nabi.

Tetua Madinah berdiskusi, calonnya ada 2 Abu Bakar dan Umar. Abu Bakar menunjuk Umar, Umar terkejut, meerasa dia ga lebih utama dibanding Abu Bakar. Umar serta merta memegang tangan Abu Bakar dan memebaiat beliau sambil berurai air mata menyatakan sumpah setianya diikuti seisi ruangan. Abu Bakar resmi menjadi khalifah pertama pada 11 H (633 M). Khalifah berarti wakil, wakil Allah dan rasulnya di bumi.Gelar ini blum ada sebelum Abu Bakar.

Abu Bakar

Di masa kekhalifahan Abu Bakar lebih banyak diisi dengan konsolidasi internal suku-suku Arab karena banyak suku-suku yang melepaskan diri dari negara Islam. Mereka
melepaskan diri karena mereka berjanji setia kepada nabi Muhammad dan bukan Abu Bakar. Dengan meninggalnya nabi Muhammad, menurut mereka janji tersebut otomatis batal. Kalimat pemersatu yang diserukan Abu Bakar:

“Barang siapa menyembah Muhammad, sesungguhnya Muhammad telah mati. Barang siapa menyembah Allah, sesungguhnya Allah tidak mati.”

Tetap saja masih ada suku-suku yang melepaskan diri, modusnya bermacam-macam; ada yang ga mau membayar zakat, mengaku sebagai nabi, murtad. Ini ngebahayain persatuan umat. Abu Bakar memerangi suku-suku tersebut untuk kembali kepada
negara Islam. Dlm waktu kurang lebih satu tahun, beliau berhasil menyatukan kembali
jazirah Arab. Selain konsolidasi internal, Abu Bakar jg melanjutkan syiar Islam ke luar jazirah Arab yang telah dimulai oleh rasulullah. Kemana coba? Iya, ke kedua superpower saat itu, romawi timur (Byzantium)  dan Sassanid Persia. Negara berusia 11 tahun tiba-tiba mendatangi superpower berusia +/- 1.000 taun dan mengajarkan cara baru menjalani hidup. Kira2 apa tanggapan raja-raja Byzantium dan Sassanid Persia? No way! Ibaratnya nih ya Timor Timur tiba-tiba dateng ke Amerika trus ngajarin cara ngejalanin pemerintahan yg bener.

Sebelum nabi wafat memang sudah ada rencana untuk memerangi kedua superpower itu karena keduanya menolak ajakan nabi untuk memeluk Islam dan bersikap memerangi kaum muslim. Setelah nabi wafat rencana itu tetap jalan dibawah kekhalifahan Abu Bakar dan pasukan bergerak di akhir tahun 11 H (633 M) Bayangin, negara kemarin sore brusia 11 tahun berani menyerang superpower berusia 1.000
tahun! Dari mana keberanian ini datang? Tanya Byzantium. Dari Allah.

Abubakr'sreign

Di lain tempat, awal 12 H, Khalid mulai memasuki daerah Irak yg dikuasai Persia. Superpower lain berusia 1.000 taun diperangi, dalam waktu yang berbarengan. Khalid memenangi semua pertempuran dengan Persia, blum hancur Persia, Khalid diperintahkan ke barat untuk memebantu memerangi Byzantium di Syria (13 H). Pasukan muslim brtemu dgn pasukan Byzantium di daerah Yarmuk. Perang ini terkenal dengan nama perang Yarmuk. Raja Byzantium saat itu Heraklius. Pasukan Byzantium 6 kali lebih besar dari pasukan muslim. Komando trtinggi di tangan Khalid bin Walid, jendral yang tidak terkalahkan dalam sejarah. Ketika masih dlm kondisi perang di Yarmuk, datang kabar dari Madinah, Abu Bakar wafat (13 H) dan beliau diganti Umar. Dimulai lah masa kekhalifahan kedua.

Umar

Setelah 6 hari perang, khilafah menang di Yarmuk dan mukul mundur Heraklius. Seluruh Syria menjadi bagian kekhalifahan. Setelah Syria, Umar ngelanjuti perang dgn Persia di timur. Perang utama di Qadisiah dimenangi khilafah lalu merebut ibukota Persia, Ctesiphon. Dalam kurun waktu hanya 4 taun (11 -15 H), khilafah put to an end superpower berusia 1.000 taun, Sassanid Persia. Semut vs gajah, David vs Goliath.

Di saat yang bersamaan di barat, pasukan lain lagi menaklukkan Byzantium di sepanjang pantai laut tengah, turun ke Mesir dan Afrika utara. Di titik ini, khilafah sampai di kota suci tiga agama; Islam, Nasrani, Yahudi: Jerusalem. Di Jerusalem ga ada perlawanan berarti karena penduduknya sendiri udah muak dengan Byzantium yg menarik pajak gede dan ikut campur dalam urusan keagamaan. Umar menarik jizyah tp itu lebih kecil dibanding Byzantium dan memberi kebebasan beragama untuk penduduknya.

Umar disambut dengan suka cita saat memasuki Jerusalem dengan hanya naik unta tanpa pengawalan, bersahaja. Pembebasan Jerusalem untuk pertama kalinya oleh dunia muslim tersebut terjadi di tahun 636 M. Pada saat Umar wafat, luas kekhalifahan +/- 5jt km2 hanya dalam kurun waktu 13 tahun. Wilayahnya mencakup semua wilayah Sassanid Persia dan ½ wilayah Byzantium. Umar wafat pada 24 H dan digantikan Usman.

Mohammad_adil_rais-Caliph_Umar's_empire_at_its_peak_644

Usman

Di masa Usman, kekhalifahan sangat makmur tapi juga disisi lain penuh fitnah.  Usman memang semenjak dulu terkenal sebagai pebisnis handal dan itu diterapin saat beliau menjadi khalifah. Selain itu prestasi utama kekhalifahan Usman adalah penyusunan lembaran-lembaran Quran menjadi satu kesatuan buku. Ini dilakukan karena wilayah kekhalifahan yang semakin luas mendorong munculnya berbagai versi Quran. Ini gawat, untuk menjaganya harus disusun satu mushaf rujukan bersama.

Para sahabat mengumpulkan lembaran-lembaran yang terpisah, mengumpulkan para penghafal Quran yang utama sehingga tersusun satu mushaf Quran yang sampai detik ini masih sama. Alhamdulillah itu salah satu cara Allah menjaga Quran, melalui Usman bin Affan.

Penaklukan masih berlanjut di masa Usman, smp ke Azerbaijan dan Afghanistan. Juga menghadapi pasukan Byzantium yang berniat membalas kekalahan di Yarmuk. Di masa Usman, Byzantium berusaha menyerang kekhalifahan tapi selalu kalah seperti di Syria dan Mesir, sedangkan Sassanid Persia udah tinggal sejarah. Disaat yg bersamaan ekspedisi Islam sampai ke Tunisia dan sekitarnya.

Mohammad_adil-Rashidun-empire-at-its-peak-close

Menjelang akhir dari dua belas tahun kekuasaannya, timbul fitnah yang dihembuskan Abdullah ibn Saba yang mendorong pemberontakan dan akhirnya membunuh Usman. Usman wafat pada 36 H dan digantikan oleh khulafaur Rasyidin terakhir, Ali.

Ali

Kondisi umat saat itu sedang terpecah karena fitnah Saba dan Ali memadamkannya. Ali menyelesaikan fitnah internal di tubuh kekhalifahan dan wafat pada tahun 40 H. Luas wilayah kekhilafahan Khulafaur Rasyidin +/- 9 juta km2. Lebih besar dibandingkan Romawi barat + timur yang hanya 6,5 juta km2 dan Persia kuno yang hanya 8 juta km2. Satu superpower hancur, Sassanid Persia. Satu lagi terisolasi dan terus menyusut, Byzantium. Pada abad ke-7 masehi, siapa superpowernya donk? Khulafaur Rasyidin.

800px-Mohammad_adil_rais-Caliph_Ali's_empire_661

Selama periode kekhilafahan, khilafah ga pernah sekalipun merasakan kekalahan dalam medan perang. Kegemilangan khilafah dilanjutkan oleh dinasti-dinasti Islam setelahnya. Dengan wafatnya Ali, berakhirlah periode Khulafaur Rasyidin dan dimulianya fase ketiga kepemimpinan dunia muslim menurut hadist nabi, kerajaan yang menggigit. Disebut menggigit karena walaupun mereka kerajaan, kekuasaan diturunkan turun temurun, mereka masih “menggigit” Quran dan sunnah dalam kehidupan sehari-hari, shariah Islam masih diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kan klo kerajaan hukumnya semau dewe.

Dan di fase inilah fase yang akan dicatat sejarah sebagai, masa keemasan peradaban Islam, the Islamic golden age.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s