Fase 3, kerajaan yang menggigit: Tiga kerajaan

Abbasiyah

Kalau merasa di bawah dinasti Umayyah dunia Islam makmur, nah dibawah Abbassiyah lebih makmur lagi. Umayyah meletakkan dasar-dasar untuk ilmu pengetahuan dan di dinasti Abbasiyah lah, islamic golden age terjadi. Golden age ini berlangsung selama 500 tahun. Disebut golden age karena di era ini banyak kontribusi Islam dalam ilmu pengetahuan, arsitektur, seni, hukum, budaya dll untuk dunia. Bahkan kontribusinya masih terasa sampai detik ini.

Abbasiyah membangun kota baru sebagai ibukota. Di tahun 765 M dibangun lah kota diantara dua sungai legendaris, Tigris dan Eufrat oleh Al Mansur, Baghdad. Dalam waktu 20 tahun sejak pembangunannya, Baghdad menjadi kota pertama di dunia yang pendudukny melampaui 1 juta dan menjadi kota terbesar dan tersibuk di dunia saat itu. Perdagangan sangat ramai di Baghdad karena kota itu dialiri dua sungai yang nyambung langsung ke samudera Hindia. Akses masuk barang gampang. Pedagang dari Cina, India, Afrika, dan Spanyol ngumpul di kota ini. Jalan-jalan penuh dengan pedagang dan tertata baik. Saat itu di abad 8 M, dibawah dinasti Abbasiyah, Baghdad mempunyai 6.000 jalan, 30.000 masjid dan 10.000 pemandian umum. Eropa? Makan saja sulit. Majunya Baghdad sebagai titik puncak kesejahteraan dan keadilan menjadi ilham cerita 1001 malam. Itu tuh yang ada Aladin dan puteri Yasminnya.

Saat penggulingan Umayyah, tidak semua anggota keluarga mereka ditawan Abbasiyah. Ada satu yang lari ke Andalusia, Abdurrahman. Andalusia yang didirikan oleh Umayyah dengan tangan terbuka menerima Abdurrahman dan mengangkat beliau menjadi raja di Kordoba. Pada titik ini di dunia Islam sebenernya ada dua pemerintahan. Abbasiyah dan Umayyah di Kordoba. Karena hal ini lah fase ketiga ini tidak disebut kekhalifahan dalam hadist nabi tetapi kerajaan karena kekhalifahan cuma satu untuk seluruh muslim. Saat itu di abad 8 M, Kordoba adalah kota terbesar di Eropa dengan 500.000 penduduk, ratusan pemandian umum, Rumah Sakit, sekolah, masjid. Perpustakaan-perpustakaan berisi 500.000 jilid buku. Kota-kota lain di Andalusia juga hidup dan berpopulasi sekitar 50.000 jiwa disaat kota-kota terbesar Eropa cuma 25.000 jiwa. Roma yang dulu perkasa sekarang hanya desa. Perdagangan banyak dilakukan ke timur dan hanya secuil ke Eropa.Bukan karena musuhan tetapi karena emang Eropa ga punya apa-apa untuk dijual dan ga punya uang untuk beli.

The Abbasid Empire, ca 900 C.E.HWC306

Pada tahun 969 M, dinasti Abbasiyah terpecah kembali oleh orang-orang yang mengaku keturunan Fathimah putri nabi. Lahirlah dinasti Fathimiyah. Dinasti Fathimiyah membangun ibukota baru yang mereka sebut Qahirah (kemenangan). Di barat kata itu dieja Cairo,di Indonesia Kairo. Pada tahun 969 M, dunia Islam terdiri dari 3 kerajaan. Umayyah Kordoba di Spanyol dan Maroko, Fathimiyah di Afrika utara sampai Yerusalem, Abbasiyah sisanya di timur. Di Kairo Fathimiyah membangun universitas tertua di dunia pada tahun 969 M, Al-Azhar. Pada tahun 1.000 M jadi superpowerny siapa? Ada tiga, dari yang paling luas; Abbasiyah, Fathimiyah, dan Umayyah Kordoba.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s