Jaga Uang Kertas Ketika Bepergian Keluar Negeri

Sebelum pergi keluar

Sebelum anda akan berpergian keluar negeri, anda pasti akan menuju tempat penukaran uang (money changer) untuk menukar mata uang rupiah anda dengan mata uang negara tujuan. Di tempat penukaran uang kita biasanya akan menemui papan seperti berikut:
clip_image002

Di papan tersebut ada jenis mata uang yang bisa ditukar beserta kurs beli dan jualnya. Lalu bagaimana cara membacanya? Kita ambil contoh USD (dollar).

Kurs beli adalah kurs yang digunakan jika anda ingin menukar dollar ke mata uang rupiah. Dari contoh papan diatas, jika anda ingin menukar USD 100, anda akan mendapatkan USD 100*9.975 = Rp 997.500. Jadi kurs beli bisa diartikan juga sebagai berapa harga yang money changer mau bayar ke anda untuk membeli dollar anda.

Sedangkan kurs jual adalah kurs yang digunakan jika anda ingin menukar mata uang rupiah ke mata dollar. Dari contoh papan diatas, jika anda ingin menukar Rp 1.000.000, anda akan mendapatkan Rp 1.000.000/10.005 = USD 99.95. Jadi kurs jual bisa diartikan juga sebagai berapa harga yang money changer mau berikan ke anda untuk menjual dollar-nya. Jika anda ingin pergi keluar negeri, anda akan menggunakan kurs jual.

Jadi keuntungan money changer tersebut sebenarnya adalah selisih dari kurs jual dengan kurs beli. Dari contoh diatas, selisihnya adalah Rp 10.005 – Rp 9.975 = Rp 30, berarti dari setiap USD 1 transaksi, money changer mengambil keuntungan sebesar Rp 30.

Dari papan tersebut juga bisa kita lihat untuk mata uang dollar, kursnya terbagi menjadi tiga yaitu USD besar, USD kecil dan USD 1. Secara teknisnya setiap money changer memiliki kebijakan yang berbeda-beda akan tetapi dasar pembagian tersebut hampir sama yaitu berdasarkan pecahan uang dollar yang ingin kita tukarkan, jika pecahan yang ingin ditukarkan bernominal USD 100, maka digunakan kurs USD besar, jika pecahan yang ingin ditukarkan bernominal antara USD 5, 10, 20, 50 maka digunakan kurs USD kecil, sedangkan jika pecahan yang ingin ditukarkan bernominal USD 1 maka digunakan kurs USD 1. Selisih jual dan belinya juga berbeda antara ketiga jenis kurs tersebut sebagai berikut:
Kurs

Ini menandakan likuiditas, nominal USD 100 lebih berharga karena lebih cepat berputar, lebih banyak yang meminta dibandingkan pecahan-pecahan yang lain. Pecahan USD 1 tidak terlalu laku oleh karena itu selisihnya sangat jauh.

Ketika diluar negeri

Ketika anda telah mendapatkan uang dollar anda, anda harus menjaganya sebaik mungkin, jangan sampai kusut, kotor, tercoret atau jenis-jenis kerusakan yang lain karena ketika nanti anda kembali ke Indonesia, anda mungkin masih mempunyai sisa pecahan uang dollar dan anda tentu ingin menukarkannya ke rupiah. Sayangnya tidak semua dollar bisa ditukarkan ke rupiah jika kertas dollar tersebut mengalami seperti yang saya sebutkan diatas dan kalaupun bisa nilainya akan sangat berkurang.

Money changer biasanya memiliki kondisi-kondisi sebagai berikut:
Drawing1

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, perlu dijaga baik-baik kondisi kertas dollar yang anda pegang. Berikut beberapa tipsnya:
1. Simpan dollar anda di amplop, jangan di dompet atau saku karena bisa terlipat atau kusut.
2. Belanjakan dollar anda dari nominal yang terkecil seperti USD 1, 5, 10 sehingga ketika anda kembali ke Indonesia, nominal dollar USD 100 masih utuh dan bisa ditukarkan ke rupiah dengan kurs yang tertinggi.
3. Jika anda diluar negeri telah bertransaksi dan mendapatkan dollar yang rusak, segera belanjakan karena jika anda bawa pulang ke Indonesia, nilainya akan berkurang atau bahkan tidak bisa ditukarkan sama sekali.
4. Setiap anda menukarkan dollar, segera periksa dengan seksama kondisi dollar yang anda terima, jangan terima dollar yang rusak kecuali anda akan membelanjakannya kembali.
5. Setiap anda menukarkan dollar, mintalah seri dollar yang terbaru karena semakin lama serinya semakin turun nilai tukarnya. Biasanya seri dua tahun kebelakang nilainya masih dianggap tinggi.

Tips ini juga berlaku untuk mata uang asing selain dollar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s