Istanbulkart: Harus dimiliki selama di Istanbul

Istanbul, Turki (dulu Konstantinopel) selalu menjadi kota yang penting, bahkan hingga saat ini dalam peradaban dunia. Daerah Istanbul berkali-kali berganti penguasa, mulai dari kerajaan Persia, Yunani, Romawi, Utsmani dan sekarang Republik Turki. Sejarah panjang ini membuat Istanbul kaya akan peninggalan-peninggalan besar sejarah seperti Hagia Sophia, Masjid Biru, istana Topkapi, Rumeli Hisari. Selain itu anda juga bisa menemukan banyak museum yang tersebar seperti museum arkeologi, museum militer, museum panorama 1453, dan lain-lain.

Kekayaan sejarah Istanbul diimbangi oleh kemodernan abad 21. Ada banyak tempat nongkrong yang menarik di seluruh kota yang terletak di dua benua ini seperti pulau Galatasaray, kafe-kafe di Ortakoy, klub-klub di Bebek, tempat belanja di jalan Bagdat dan lain-lain.

Sebagai turis anda tentu tidak ingin melewatkan berkunjung ke berbagai tempat menarik tersebut. Dan sebagai turis pertanyaan pertama yang biasanya muncul adalah, “Bagaimana transportasi umum disana?” Ada berbagai moda transportasi umum di Istanbul seperti taksi, tram, subway, metrobus dan feri. Anda bisa membayar tunai setiap kali naik tetapi ada pilihan lain yaitu dengan membeli Istanbulkart.

Istanbulkart

Istanbulkart adalah kartu prabayar isi ulang yang berfungsi sebagai alat pembayaran transportasi umum (kecuali taksi) di Istanbul. Anda bisa menggunakan Istanbulkart untuk tram, subway, metrobus dan feri. Keuntungan-keuntungan menggunakan Istanbulkart adalah:
1. Bisa digunakan untuk berbagai moda transportasi umum.
2. Prabayar dan bisa diisi ulang.
3. Bentuknya seperti kartu kredit, bisa masuk dompet, lebih gampang menyimpannya.
4. Tarif setiap naik transportasi umum lebih murah 10% dibandingkan membayar tunai.
5. Satu kartu bisa digunakan oleh banyak orang selama saldonya masih ada.
6. Berlaku selamanya, jadi jika anda pulang ke Indonesia dan setahun kemudian kembali ke Istanbul anda masih bisa menggunakannya.

Istanbulkart
Istanbulkart

Anda bisa membeli dan juga mengisi ulang Istanbulkart di setiap stasiun yang ada di Istanbul seperti di stasiun tram, metrobus, subway, feri, juga di bandara dan Grand Bazaar. Pertama anda membayar TL 6 untuk membeli fisik kartu. Kedua anda harus mengisi ulang kartu tersebut, setiap naik metro harganya TL 2, anda menentukan sendiri kira-kira perlu berapa kali naik tram selama di Istanbul, saran saya untuk permulaan isi saja TL 20. Untuk membantu anda mempersiapkan rute perjalanan anda selama di Istanbul bisa dilihat peta transportasi umum dibawah ini.

Peta transportasi umum di Istanbul
Peta transportasi umum di Istanbul

Selamat menjelajahi Istanbul!

Advertisements

One thought on “Istanbulkart: Harus dimiliki selama di Istanbul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s