Madrid: Kota Yang Didirikan Muslim Spanyol

Madrid adalah ibu kota Negara Spanyol dan juga merupakan kota terbesarnya. Berdasarkan badan pusat statistik Spanyol (Instituto Nacional de Estadistica), populasi kota Madrid pada tahun 2012 adalah sebanyak 3,3 juta jiwa. Berdasarkan populasi, Madrid adalah kota ketiga terbesar di antara negara-negara yang tergabung dalam Persatuan Eropa (European Union) setelah London dan Berlin.

Tahukah anda asal usul kota Madrid? Ternyata Madrid sebagai tempat tinggal didirikan pertama kali oleh kaum Muslim. Pada tahun 711 M, pasukan kekhilafahan Umayyah dibawah pimpinan Tariq ibn Ziyad menyeberang dari Maroko ke Spanyol dan menaklukkan seluruh wilayah Spanyol dan Portugal modern dari kerajaan Visigoth kecuali sedikit di utara. Tahun tersebut adalah tahun yang menandakan lahirnya peradaban Islam di Spanyol sampai kira-kira 800 tahun kedepan.

Menurut sejarawan Spanyol yang bernama Oliver Asin, Madrid awalnya adalah benteng di dekat perbatasan dengan kerajaan Leon dan Castile di utara, fungsinya mengawasi kemungkinan serangan dari kedua kerajaan tersebut terhadap kaum Muslim di selatan. Benteng tersebut dibangun atas perintah penguasa Kordoba, Muhammad I pada paruh kedua abad kesembilan masehi (kira-kira 852-866 M). Selain benteng, di daerah tersebut juga dibangun rumah-rumah dan masjid. Muslim Spanyol menyebut daerah berdirinya benteng tersebut “Al Madjrit” yang berarti saluran air.

Posisi Madrid di abad kesepuluh Masehi
Posisi Madrid di abad kesepuluh Masehi

Selama 800 tahun kepemimpinan Muslim di Spanyol sampai tahun 1492 M, Madrid bukanlah ibu kota Muslim Spanyol bahkan bukan termasuk kota utama, saat itu kota-kota utama di Spanyol adalah Kordoba, Toledo, Sevilla, Valencia dan Granada. Madrid baru menjadi ibu kota Spanyol setelah Muslim tidak lagi memerintah yaitu di tahun 1561 M atas perintah raja Spanyol Philip II.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s