Chattanooga

Chattanooga

Chattanooga terletak di negara bagian Tennessee. Dibanding Washington, DC atau Chicago kota ini cukup kecil. Untuk perbandingan dengan kota di Indonesia, kota ini seluas Surabaya (+/- 370 km2). Walaupun seluas Surabaya tetapi kepadatan penduduknya 20 kali lebih kecil, hanya 472 orang/km2 (Surabaya 7.900 orang/km2).

Hal ini menjelaskan mengapa feeling yang saya dapat di kota tersebut adalah tenang. Feeling saya yang lain adalah lebih banyak orang tua di kota ini dan setelah melihat ke wikipedia memang kota ini mayoritas dihuni oleh warga berusia 45 tahun keatas (41% dari populasi).

Waktu itu stay di Country Inn & Suites by Carlson, Hixon. Hotel ini recommended, kamarnya bertipe apartemen jadi ada ruangan tamu dan ruangan tidurnya. Breakfast khas Amerika cuma roti2an, buat saya cukup karena saya ga suka makan pagi banyak. Staf ramah.

Tempat makan yang enak banyak tapi saya cuma ingat beberapa:

  1. Texas Roadhouse. Steaknya enak.
  2. Hair of the Dog. Tempat nongkrong.
  3. Olive Garden. Saladnya enak.
  4. Outback Steakhouse. Steaknya enak.
  5. Ichiban. Disini ketemu orang Indonesia yang bekerja sebagai koki.
  6. Ada 1 resto Meksiko.
  7. Ada 1 resto Cina.

Things to do:

As a consultant, ga terlalu banyak yang bisa saya kerjakan karena jam kerja yang sampai malam. However, pas ada waktu senggang di sore hari biasanya:

  1. Belanja di TJ Maxx, semacam Factory Outlet Indonesia. Disini barang2nya asli dan bisa lebih murah sampai 50% dari harga di Indonesia.
  2. Cycling di beberapa taman.
  3. Main tenis.
  4. Keliling kota pake mobil sewaan. Lebih efisien nyewa mobil karena transportasi umum ga bagus, cuma ada bus yang juga jarang muncul. Bisa dimengerti karena penduduk sedikit dan rata2 pada punya mobil.

Overall, kota ini tenang, cocok untuk pensioneers. Untuk millenial seperti saya numpang stay beberapa minggu sudah cukup. Selain itu buat saya yang suka ancient and medieval history, ga banyak yang bisa dilihat disini.

Leave a Reply

